Beberapa Tips untuk menghadapi Live Audition

Pada tahap Live Audtion, pada dasarnya semua yang pernah diuji di tahap sebelumnya akan diuji kembali lagi. Ditambah dengan attitude personel grup band loe.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi LIive Audition agar penampilan band loe bisa lebih maksimal.

1. Jagalah kesehatan
Ini sangat sepele, namun setidaknya loe tidak perlu beralasan “Sedang tidak enak badan” saat ditanya juri kenapa penampilan loe tidak all out, karena dengan kondisi fit, performa loe di atas panggung pasti tidak akan mengundang pertanyaan tersebut.

2. Personel grup lengkap
Kalau sampai ternyata salah satu personel loe berhalangan untuk hadir, sebaiknya gunakan additional player. Jangan sampai posisi yang ditinggalkan personel tersebut kosong dan lagu loe terdengar pincang. Kalau di CD demo loe memang pakai additional player, pakailah additional player dalam Live Audition.

3. Siap secara teknis
Tidak ada waktu untuk sound check. Semua persiapan teknis dilakukan sesaat sebelum tampil. Pastikan stage crew Live Audition memberikan setting sesuai yang band loe minta. Kalau belum sesuai, mintalah terus sampai benar dan sesuai.

4. Bereaksi secara tepat pada masalah di atas panggung
Misalnya kalau sound gitar loe tiba-tiba mati, jangan ragu untuk menghentikan penampilan dan minta stage crew untuk membenahinya. Namun saat berhenti, tetap jaga komunikasi dengan penonton. Ingat, ini panggung bukan studio latihan.

5. Kualitas lagu
Band-band yang bisa lolos sampai tahap ini adalah band-band yang lagunya disukai oleh para juri. Tunjukkan pada juri bahwa band loe memang pemilik lagu itu. Improvisasi memang sagat disarankan, namun tetap jaga jangan sampai berlebihan.

6. Komunikasi
Sekali lagi, ini panggung bukan studio latihan, jangan keasyikan sendiri. Loe berada di sana untuk memamerkan musik loe pada penonton. Hargai penonton, ajak mereka berinteraksi, hibur mereka dengan karya loe.

7. Kostum yang tepat
Tidak hanya suara, penampilan band secara visual juga akan mempengaruhi penilaian tim juri. Sesuaikan dengan musik yang loe bawakan. Tapi jangan berlebihan, agar tidak dicap aneh dan jangan terlalu santai dan ngasal karena bisa membosankan.

[aa/lalightsindiefest]

Tidak ada komentar: