Beberapa Tips Sebelum Membeli Piano

Membeli sebuah barang, khususnya alat musik piano baiknya membeli yang baru. Namun piano bekaspun dapat menjadi pilihan dengan adanya keterbatasan dana.

Harga piano tergantung dari merek dan tipenya. Semakin terkenal sebuah merek piano, maka semakin mahal harganya. Semakin tinggi Soundboard piano, akan semakin bagus suaranya.

Piano baru untuk tipe kecil (tinggi 108-113 cm) harganya sekitar 2000 dolar. Sementara untuk piano baru tipe besar (tinggi 120-130 cm) harganya sekitar 5000-6000 dolar, ini pun tergantung mereknya.

Sedangkan untuk piano yang bekas, tentu jauh lebih murah. Hanya saja, loe harus ekstra hati-hati dalam memilih sebuah piano bekas, karena banyak sekali pemilik piano yang tidak merawat pianonya. Maka pada saat piano tersebut dijual, keadaannya tidak baik. Jika loe salah dalam memilih, akibatnya biaya perawatan dan perbaikan piano menjadi sangat mahal sekali.

Membeli piano bekas memang jauh lebih beresiko. Beberapa hal yang layak menjadi pertimbangan loe sebelum membelinya adalah

- Tujuan membeli piano
Jika tujuan membeli untuk belajar piano secara serius, maka belilah piano yang berkualitas bagus. Walaupun harganya lebih mahal, tapi keawetannya akan lebih terjamin.

- Anggaran yang tersedia
Pilihlah yang sesuai dengan dana dan kebutuhan loe.

- Hobi atau just for fun
Sebaiknya loe membeli piano yang standar, tidak perlu membeli upper grand piano. Karena piano yang standar akan jauh lebih mudah dijual kembali.

- Riwayat piano
Sedapat mungkin, sebaiknya loe tahu bagaimana riwayat piano yang akan loe beli.

- Perhatikan kayu piano dan soundboardnya.
Sentuhlah tutsnya, apakah masih menghasilkan suara dengan baik. Perhatikan pula kekuatan kerangka atau konstruksinya.

- Lihat model, bentuk dan warnanya

[aa/qjuo.com]

Tidak ada komentar: